Senin, 09 Maret 2009

Kaban Tak Latah Klaim Keberhasilan

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban, yang juga Menteri Kehutanan, tidak mau ikut latah seperti parpol lainnya yang ramai-ramai mengklaim kinerja pemerintahan saat ini sebagai sumbangsih dari kader parpol tertentu.
Pernyataan tersebut disampaikan MS Kaban usai menghadiri taushiah di Masjid Agung Asy-Syahadatain, Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barar, Kamis (5/3) malam.
Dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (7/3), Media Center PBB menyebutkan, acara itu juga dihadiri ribuan jamaah Asy-Syahadatain se-Asia Tenggara.
"Sangat tidak bijak mengklaim prestasi yang tercapai pada pemerintahan saat ini sebagai prestasi dari parpol tertentu. Sebab, seluruh elemen di pemerintahan Yudhoyono-Kalla juga turut berperan pada prestasi tersebut," kata Kaban.
Saat ditanya soal sikap politi yang bakal diambilnya menjelang Pemilu legislatif dan Presiden, MS Kaban menegaskan, dirinya tetap akan berkomitmen membantu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga masa jabatannya.
"Sebagai pembantu presiden, saya akan tetap menjalankan tugas-tugas saya sebagai Menteri Kehutanan sampai selesai. Artinya, saat saya bertugas sebagai menteri, sudah barang tentu saya harus meninggalkan atribut partai, dan menyatu dalam kesatuan kabinet yang dipimpin SBY," ujarnya.
Hanya saja, kata Kaban, secara politis memang jamaah Asy-Syahadatain memiliki visi dan misi yang sinergis dengan partainya. Selain itu, antara PBB dan Asy-Syhahdatain memiliki keterkaitan sejarah partai yakni dengan partai Masyumi. Saat ini jamaah Asy-Syahadatain sekitar dua juta orang.
"Pada dasarnya PBB dan Asy-Syahadatain memiliki 'founding father' (pendiri) yang sama," kata Kaban.
Diakui Kaban, tidak sedikit pengurus partai dan caleg PBB yang merupakan jamaah serta memiliki kedekaan dengan keluarga besar Asy-Syahadatain. "Asy-Syahadatain bukan lembaga politik. Artinya kami tidak bisa mengklaim bahwa Asy-Syahadatain adalah bagian dari PBB," kata Kaban.
Namun, pimpinan Jamaah Asy-Syahadataian Sayyid Gamal Yahya, dalam kesempatan itu memberikan apresiasi yang tinggi kepada para kader PBB yang duduk sebagai anggota dewan maupun di pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu.
Menurut dia, para kader PBB mampu menjaga amanah. Bahkan di sela-sela acara taushiah, Gamal sempat menyosialisasikan salah seorang caleg DPR-RI dari daerah pemilihan Cirebon, Indramayu, Abdul Qodir, dan memberikan dukungan terhadap MS Kaban dalam memimpin partai sekaligus Menteri Kehutanan saat ini.
"Kita sudah tahu bahwa jamaah Asy-Syahadatain memiliki kedekatan dengan PBB. Namun, untuk pemilu legislatif ini kami berkomitmen untuk mendukung figur yang bisa memegang amanah," demikian tegas Gamal. [*/P1]

Tidak ada komentar: