Senin, 30 Maret 2009

Kampanye PBB BAU BAU DIHADIRI RIBUAN MASSA


Radar Buton, Senin, 23 Mar 2009, | 4
“Hidup Partai Bulan Bintang (PBB)” teriakan itu terus menggema di seantero Kota Baubau, yang diikuti ribuan kendaraan roda dua dan puluhan roda empat, saat kampanye perdana PBB, Sabtu (21/3).

Massa pendukung partai terus berdatangan di Stadion Betoambari. Umumnya mereka menantikan pidato politik Ketua DPW dan DPC PBB, Drs H La Ode Halaka Manarfa, yang juga merupakan Wakil Walikota Baubau. Dra Wa Ode Maasra Manarfa (Ketua DPRD). Srikandi Parpol PBB itu berjanji dihadapan puluhan ribu massa pendukungnya, bakal membawa perubahan manakala dia terpilih sebagai Caleg DPR RI, maka Buton Raya akan segera terwujud.
Sejak pukul 11.00 Wita, di rumah kediaman Maasra, massa terus berdatangan, entah dari mana asalnya. Yang pasti massa tersebut adalah pendukung fanatik PBB dari Dapil I Kota Baubau. Tepat pukul 13.00 Wita, Halaka Manarfa, dengan pengawalan ketat aparat Polres Baubau, memimpin iring-iringan kendaraan menujuh Stadion Betoambari.
Sepanjang jalan massa terus meneriahkan yel-yel hidup PBB. Halaka sendiri menggunakan mobil Wilis bak terbuka, sehingga warga yang berada di sisi jalan terus memberikan aplos. Setibanya di Stadion Betoambari, Halaka, bukannya berorasi tetapi mendatangi konstituennya yang lebih dulu berada di lokasi kampanye. Satu persatu mereka disalami, baik yang berada di atas mobil, lapangan, maupun massa yang duduk di tribun terbuka.
Usai bersalaman, dia menujuh kesalah satu tenda tempat para Caleg Dapil II berkumpul. Sambil menunggu orasi politik dari para Caleg, massa yang berada di depan panggung terus bergoyang, menikmati indahnya lantunan lagu yang dinyanyikan artis-artis lokal.
Dalam suasana meriah, seorang Caleg sambil mikrofon memperkenalkan satu persatu Caleg PBB Dapil I wilayah Betoambari-Murhum, diantaranya La Ode Abdul Munafi, La Kamba, Yunus Buhim, La Bara, dan dua orang gender. Mereka diperkenalkan kepada konstituen di Dapilnya masing-masing. Sementara itu, tampak dibelakang panggung salah seorang Caleg Dapil II Wolio- Kokalukuna, Wa Ode Mufriha, yang juga merupakan politisi muda dan berbakat, menghadiri kampanye tersebut.
Setelah para Caleg diperkenalkan, seorang Jurkam La Ode Munafi, menyampaikan orasi politik dihadapan puluhan ribu pendukung dan simpatisan PBB. Dalam orasinya mengatakan, PBB telah menunjuhkan esensinya sebagai salah satu Parpol yang mempunyai dukungan dan kekuatan di Kota Baubau. Terbukti pada Pemilu legislatif 2004 lalu, PBB dapat mendulang lima kursi. Sehingga menempatkan seorang Ketua dan Wakil Ketua di DPRD Baubau.
Realita pembangunan di Baubau, dan kebijakan pembangunan yang dilakukan pemerintah tidak pernah luput dari sumbangsi kader PBB. Dari 25 orang anggota DPRD, satu-satunya Parpol yang menempatkan perempuan yakni Wa Ode Maasra Manarfa sebagai Ketua DPRD.
Tidak sampai di situ, kader PBB juga menduduki jabatan penting di eksekutif, yakni sebagai Wakil Walikota Baubau. Untuk itu dia memintah kepada segenap pengurus, kader, dan simpatisan PBB untuk memenangkan Pemilu legislatif 9 April mendatang. “Jangan lupa contreng Nomor 26 PBB,” ujarnya dihadapan konstituen.
Kemudian dilanjutkan dengan srikandi PBB, Caleg anggota DPR RI Wa Ode Maasra Manarfa, mengatakan pada 9 April mendatang merupakan momentum yang dapat menentukan kelangsungan pembangunan daerah ini. Untuk itu gunakan hak pilihnya dengan memilih wakil yang duduk di DPR RI, DPD, DPR Provinsi, dan DPR Kota Baubau.
Dia juga menyarankan agar konstituen PBB memilih wakil yang dapat dipercaya, amanah, dan bertanggung jawab. Sebagai Caleg DPR RI dari PBB yang menempati nomor urut satu. Maasra, meminta dukungan suara dari seluruh warga Sultra khususnya Baubau, karena untuk menjadi anggota DPR RI, tentunya dia membutuhkan sekitar 150 ribu suara.
“Hidup PBB, jika saya terpilih nanti siap membek-Up provinsi Buton Raya di senayan. Insyah Allah, masyarakat Baubau dan sekitarnya memberikan kepercayaan penuh kepada saya. Sehingga pembentukan Provinsi yang kita nanti-nantikan dapat terwujud. Kader PBB dapat diandalkan untuk mewakilih aspirasi masyarakat di dewan,” ujar Maasra, yang disambut dengan aplos konstituen.
Sementara itu, Ketua DPW PBB Sultra La Ode Halaka Manarfa, mengatakan masyarakat Kota Baubau tidak akan rugi untuk memilih Caleg PBB. Selaku Ketua DPW PBB, dia mengetahui kapasitas dan kualitas Caleg PBB, sehingga tidak akan membohongi rakyat.
“Jika pada Pemilu nanti, ada Caleg PBB yang yang berhasil duduk di DPRD, dan tidak aspiratif, amanah, professional, maka kader itu akan saya PAW. Saya tidak menginginkan Caleg semacam itu, tetapi yang dapat membawa amanah rakyat,” tegasnya.
Lanjut orang nomor dua di Baubau ini, disamping sebagai Ketua DPW PBB Sultra, dia juga menjabat sebagai Wakil Walikota Baubau, yang sementara cuti untuk memberikan pendidikan politik kepada seluruh kader dan simpatisan PBB. Karena itu, dia berharap agar masyarakat memilih wakilnya yang dapat dipercaya dan mempunyai kredibilitas tinggi terhadap pembangunan daerah ini.
“Kepada seluruh warga Baubau, manfaatkanlah sebaik-baiknya momen Pemilu, yang hanya dilaksanakan sekali dalam lima tahun. Karena itu jangan salah memilih, pilih Caleg yang benar-benar dapat membawah aspirasi rakyat,” imbuhnya.
Usai memberikan sambutannya, Ketua DPW PBB Sultra, La Ode Halaka Manarfa, bersama seluruh Caleg dan simpatisan PBB, mengadakan pawai keliling di wilayah Dapil I Betoambari-Murhum. Kendaraan yang mengikuti kampanye arak-arakan itu, sekitar 3 kilo meter.(***)

Tidak ada komentar: