Minggu, 05 April 2009

PBB Lakukan Penjajakan Untuk Koalisi

Pangkalpinang (ANTARA News) - Partai Bulan Bintang (PBB) mulai melakukan penjajakan dengan sejumlah partai politik (parpol) dalam upaya berkoalisi untuk menghadapi pemilihan presiden (pilpres).

"Kami sudah melakukan penjajakan dengan sejumlah parpol. Ada beberapa parpol yang membicarakan tentang koalisi dengan PBB," kata Pengurus DPP PBB Yusron Ihza di Pangkalpinang, Babel, Minggu.

Menurut dia, ada sejumlah parpol yang mengundang PBB untuk membicarakan koalisi namun itu baru bisa tentukan setelah pemilu legislatif.

"Pemikiran koalisi sebelum pemilu legislatif sebenarnya tidak tepat, karena belum mengetahui kekuatan masing-masing parpol dan itu baru bisa ditentukan setelah pemilu legislatif," ujarnya.

Menurut dia, kalau sekarang masih terlalu dini mengajak parpol untuk koalisi dan sama dengan koalisi buta yang sama sekali tidak mengetahui peta politik.

"Jika sebatas penjakan untuk berkoalisi saya rasa itu hal yang wajar dan tetap saja ditentukan setelah pemilu legislatif nanti," ujarnya.

Sekarang ini, kata dia, baru sebatas memantau parpol mana yang bisa diajak koalisi atau calon pasangan untuk menyongsong pilpres.

"Sekarang ini belum bisa ditentukan kekuatan suara PBB, sehingga masih terlalu pagi untuk bicara koalisi. Berkoalisi itu tentu ada aturannya, siapa yang diajak dan mengajak untuk berkoalsi. Semua itu ditentukan perolehan suara dalam pemilu legislatif," ujarnya. (*)

COPYRIGHT © ANTARA

Tidak ada komentar: